Kesenian jawa "KETOPRAK"

kemarin saya sudah membahas mengenai kesenian jathilan. bisa anda lihat di sini http://menggapaimimpi-chasanah.blogspot.com/2012/04/ada-apa-dengan-jathilan.html dan sekarang saya akan membahas kesenian ketoprak. Disini saya akan membahas mengenai kesenian  ketoprak. Namun ketoprak disini bukan jenis nama makanan, melainkan jenis kesenian tradisional.
    Ketoprak merupakan salah satu jenis kesenian daerah yang paling populer. Sepertinya kata “populer” tersebut lebih pantas untuk zaman dahulu. Karena memang zaman dahulu ketoprak sangatlah terkenal. Bisa dipastikan setiap ada pertunjukkan ketoprak para warga sangat berantusias menontonnya. Pada saat ini kesenian ketoprak sepertinya sudah mulai hilang. Mungkin karena kecanggihan teknologi, dan sudah banyaknya pula acara hiburan yang timbul di masyarakat seperti televisi, bioskop, konser dan lain-lain. Padahal ketoprak dapat dijadikan sebagai warisan budaya yang tidak boleh ditinggalkan meskipun negara ini berkembang. Pertunjukkan Ketoprak sangat populer di yogyakarta dan jawa tengah. Dalam perkembangannya, kesenian ketoprak dipertunjukkan oleh beberapa daerah saja, itupun jika ada acara-acara tertentu saja. Waktu pertunjukkan ketoprak biasanya ditampilkan pada malam hari.
    Pada mulanya ketoprak merupakan permainan orang-orang desa yang sedang menghibur diri dengan menabuh lesung pada waktu bulan purnama. Dan dalam perkembangannya menjadi sebuah pertunjukkan rakyat yang lengkap. Kesenian ketoprak merupakan pentas sandiwara yang dipadupadankan dengan lagu-lagu jawa yang diiringi dengan gamelan. Penggunaan bahasanya pun sangat diperhatikan. Meskipun yang digunakan adalah bahasa jawa, namun memperhitungkan masalah unggah-ungguh bahasa. Saya sebutkan saja bahasa yang sering digunakan dalam pertunjukkan ketoprak, yaitu bahasa jawa sehari-hari, bahasa jawa kromo, dan bahasa jawa kromo inggil. Cerita yang ditampilkan dalam pertunjukkan ketoprak diambil dari cerita legenda atau sejarah jawa. Dalam pertunjukkan ketoprak juga terdapat guyonan atau ngelawak. Bagian inilah yang biasanya paling ditunggu-tunggu dalam pertunjukkan ketoprak.
Dalam pertunjukkan ketoprak, yang harus ada adalah:
  • panggung, tempat untuk pertunjukkan ketoprak
  • pemain, pemain disini dapat wanita/pria, muda/tua yang mereka semua menggunakan pakaian jawa sperti jarik, kebaya, blankon, pedang/keris, dan lain-lain
  • gamelan, gamelan disini macamnya hampir sama dengan kesenian jathilan. Ada gong, kenong, kencreng, dram, kempol dan lain-lain
  • sinden salah satu orang yang mengiringi jalannya pertunjukkan ketoprak yang bertugas sebagai penyanyi.

    Setelah kita membahas tentang pertunjukkan ketoprak pastinya kita sedikit prihatin terhadap seni budaya krtoprak saat ini.  Karena saat ini kesenian tersebut sudah mulai tak terdengar lagi. Padahal jika kita melihat lebih dalam lagi, kesenian ketoprak bisa dikatakan sebagai warisan budaya indonesia yang perlu dilestarikan. Karena bisa menjadi aset negara untuk memancing para wisatawan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar